Oleh: hendryfikri | Juni 27, 2009

Asi Ekslusif & Ibu Bekerja? Kenapa Tidak…!!!

Masa Cuti melahirkan istriku hanya 50 hari, tidak genap sebulan memang.

Cuti yang sangat singkat jika dibandingkan dengan instansi perusahaan-perusahaan lain yang kebanyakan bisa cuti sampai 3 bulan.

Sebenarnya sudah kutawari istriku untuk berhenti bekerja. Tapi, istri bersikeras untuk tetap mengajar, alasannya sih bete’ gak ada kegiatan dirumah, gak bisa nambah ilmu, dan yang paling penting bisa bantu bayaran SPP adik-adik. Maklumlah, mertuaku termasuk yang ikut KB (Keluarga Buanyak). “dua anak lebih, baik” sesuai slogan KB yang beda cara pelafalannya😀

Tapi kami berdua bersikeras untuk memberikan ASI eklusif buat anak kami.

kami coba beli breastpump (alat pompa asi). istriku ingin beli Breastpum manual, saja alasannya karena pengalaman teman-temannya. “Kata temen-temen, Breastpump elektrik sakit jika digunakan. dan dalam jangka lama penggunanan bisa mengakibatkan ASI kering” sahut istriku.

Dicobalah untuk membeli breastpump manual merk C****A harga 65rb. bentuknya seperti corong yang dilengkapi selang dan alat pompa seperti balon (mirip klakson tukang roti). ketika dipakai agak lama memang keluarnya dan lumayan, tangan pegel. hanya dapat 30 ml selama ½ jam, itupun sudah kubantu memompanya….. “Besok coba lagi bi, mungkin harus jangka waktu lamakali. tadi kan baru nyusuin dedenya”.

Esoknya kami coba lagi. dan ternyata dalam jangka waktu ½ jam, didapat asi sebanyak 100 ml.

Tapi, masih dengan keluhan yang sama, pegel-pegel tangannya.

Waduh, klo begini terus mana mungkin bisa memenuhi kebutuhan si kecil.

Mulailah aku browsing-browsing di internet, mencari apanya yang salah. breastpumpnya yang jelek atau cara penggunaannya. mulailah aku kumpulkan data,

Kuawali dengan masuk ke salah satu forum ibu-ibu, mereka rata-rata memakai breastpum merk p****n manual dengan harga sekitar 365rb. rata-rata mereka puas dengan penggunaannya. tidak sakit dan tidak memerlukan listrik. “kalo udah terbiasa, tangan gak pegel kok” begitulah salah satu komentar seorang ibu yang menggunakan produk ini.

Tadinya aku mau langsung cari dan beli saja produk tersebut.

Tapi di forum lain ternyata produk ini mendapatkan banyak keluhan. sakit jika sudah lama digunakan (rata-rata setelah penggunaan 3 bulan keatas), dan juga pegangan pompa yang sering patah, dan satu hal lagi kekurangannya…. bikin tangan pegel2. So, kuurungkan niat beli Breastpump pigeon.

Kucoba browsing lagi , akhirnya kutemukan lagi sebuah forum yang menganjurkan dipijat sendiri saja. lebih cepat, mudah dan tidak sakit. tapi, kulihat lagi komentar para ibu yang lain, kalau tidak ahli memijatnya susah keluar ASI-nya, dan kalaupun keluar akan tumpah kemana-mana selain itu tangan sang ibu juga harus steril. waduh… makin bingung aja nih???

Kucoba browsing lagi, kali ini tentang breastpump elektrik. penasaran juga sih, emang benar gak sih breastpump elektrik sakit dan bisa bikin ASI cepat kering?. Akhirnya kutemukan sebuah forum, kali ini bahasannya tentang breaspump elektrik. kebanyakan mereka menganjurkan breastpump elektrik merk MEDELA, breastpump ini katanya bagus dan tidak sakit ketika digunakan (karena didesain seperti hisapan bayi) dan lebih cepat keluarnya. “wah, menarik juga nih”.

Akhirnya aku cari toko online yang menjual breastpump medela, tanya langsung ke customer service-nya yang kebetulan seorang ibu yang punya dua anak Dan dia memakai produk medela juga. dia punya breastpump merk medela yang manual dan elektrik. saya tanya langsung tentang keluhan-keluhan di forum2 hasil browsing sebelumnya.

Dia menjelaskan, memang awal-awal penggunaan akan terasa sakit, tapi lama-kelamaan akan terbiasa menggunakannya. selama ini belum ada keluhan dari pembeli. memang suaranya saja yang agak berisik. tapi untuk kenyamanan dan kecepatan mengahasilkan asi sangat terjamin. kemudian si ibu ini menganjurkan kepadaku untuk membeli breastpump medela mini elektrik, karena breastpump ini cocok dengan ibu bekerja, lebih cepat dan praktis penggunaannya.

Setelah berdiskusi dengan istri, akhirnya kami berdua memutuskan untuk membeli breastpump medela mini elektrik saja. Alhamdulillah setelah saya browsing ke toko-toko online, saya dapat yang paling murah dengan harga Rp.690rb+biaya kirim Rp.5rb saja.  sekarang (27/09/09) harganya naik jadi Rp. 720rb.

medela-elk2

Kami coba dirumah dan alhamdulillah lagi, gak sampai 10 menit sudah dapat 150 ml.

Memang pada awal-awal penggunaan breastpum ini akan terasa sakit.

Tapi jika sudah terbiasa akan nyaman digunakan.
Biasanya istri di kantor memompa asinya sebanyak 2 kali. rata-rata ia dapat Asi total sebanyak 350-450 ml. untuk kebutuhan si kecil sendiri rata-rata sekali minum antara 70-80 ml (umur 3 bln). dengan rata-rata ia minum ASI sebanyak 5x dalam rentang waktu antara jam 7.00 sampai dengan 16.00. Sekarang anakku akan berusia 3 bulan (awal juli ini) dengan berat terakhir 6,4 kg. insyaalloh kami berjuang untuk memberikan asi ekslusif kepada anak kami dan juga tetap akan diberi asi selama 2 tahun.🙂

Ada beberapa tips mengenai memberikan asi ini, jika ada yang kurang mohon dikoreksi :

  1. Azamkan (kuatkan niat) dalam hati si ibu untuk bisa memberikan ASI kepada sang buah hati. jangan sampai ada pemikiran takut kalau-kalau asinya tidak keluar atau tidak cukup. ingatlah, bahwasanya pikiran akan mempengaruhi kondisi organ tubuh. tidak ada yang bisa menggantikan Asi.

  2. Untuk ibu rumah tangga, cobalah beli breastpump manual. untuk berjaga-jaga supaya sang bayi tetap mendapat suplai Asi dari sang ibu ketika sewaktu-waktu ditinggal si ibu. sedangkan untuk ibu bekerja bisa menggunakan breastpump manual atau elektrik. pengalaman saya ada juga ibu yang menggunakan breastpump manual merk camera dan yang didapat hampir sama dengan ibu yang menggunakan breastpump elektrik. Atau jika mau beli yang manual dan bagus, ada juga merk medela dengan harga sekitar 200rb.  bisa diupgrade ke elektrik.

  3. untuk asupan ibu menyusui, daun katuk merupakan yang terbaik dalam menghasilkan Asi. ada juga yang menyarankan makan Pepaya Mengkel. Jangan lupa memperhatikan asupan bagi si ibu seperti susu dan makanan sehat lainnya. Hindari jajanan-jajanan tidak sehat atau makan sembarangan. Selalu pikirkan bahwasanya anda makan tidak hanya untuk diri anda sendiri tapi juga untuk bayi anda!

  4. Asi yang sudah diperah sebaiknya langsung di dinginkan. bisa memakai cooler bag (container penyimpan susu) harga pasaran 250 rb merk medela. atau jika uang terbatas, nitip aja ke refrigerator kantin kantor dan ketika perjalanan pulang nanti dibawa dengan dibungkus plasti yang sudah diberi es batu.

  5. simpan asi yang sudah diperah dalam botol susu dengan takaran sebanyak 60 ml (untuk bayi berumur 2 bulan) dan 70 ml (untuk bayi berumur3 bln) dan simpan dalam freezer. jika memang dana terbatas, untuk menyimpan asi bisa menggunakan plastik es mambo dengan takaran yang sama. Beri label sesuai jam dan tanggal pemompaan asi. Berdasarkan informasi yang saya dapat, asi akan bertahan sampai 2 bulan jika disimpan dalam freezer.

  6. Asi yang dihangatkan dan diminumkan ke bayi harus langsung habis, atau tidak boleh lebih 1 jam mengendap. karena asi akan tercampur oleh bakteri dari air liur si bayi.

  7. Penelitian terbaru bahwasanya pemberian asi ekslusif (bayi hanya diberikan asupan asi saja) selama 6 bulan, dan setelah 6 bulan keatas sang bayi boleh diberikan makanan secara bertahap dengan pemberian asi jangan sampai terputus selama 2 tahun. Sesuai sunnah rosulullah pemberian asi adalah 2 tahun, atau jika bayi dalam kandungan selama 9 bulan, maka penyusuan dengan asi adalah selama 21 bulan. sehingga usia mulai dari kandungan sampai menyusui adalah genap 30 bulan.

  8. Hindari menggunakan KB, terutama suntik karena berdasarkan pengalaman dapat mengeringkan asi.

salam

Abinya Hammam


Responses

  1. Makasih pak, infonya g perlu browsing2 lagi…

  2. visit my blog again
    http://jerzz.wordpress.com/
    http://blackercomputerz.wordpress.com/
    jika ingin tukeran link konfirmasi di blog saya y…

  3. Assalamualaiku. Salut buat anda yg mendukung karir istri n mendukung ASI eksklusif. Sy juga buteki yg bekerja kantoran dan masih bertahan ASI eksklusif sampai skarang anak sy usia 5 bulan berat 8,3 kg .
    ASI di freezer kulkas 2 pintu bisa bertahan 3-6 bln.
    Yg bikin ASI kering bukan pompa tp karna tdk dikosongkan. Pompalah ASI maksimal tiap 4 jam, makin sering makin bagus. Susui anak sebelum berangkat kerja n segera setelah sampai rumah. Selama di rumah susui anak ‘on demand’. Sesuai keinginan anak, kalo bisa sesering mungkin.
    Yg paling dibutuhkan si ibu adalah dorongan, dukungan dan motivasi.

    • wa’alaikum salam wr wb.
      makasih bu infonya.

  4. makasih infonya… terus terang saya rada terlambat sadar nie…. kmrn anak saya terpaksa minum susu formula, ternyata kesini kesini dia rada kurang miminya… akhirnya saya memutuskan untuk mompa n browsing tentang medela, ternyat dapet n skrg pesen yang manual… setelah liat artikelnya, jd mikir lagi, enakan manual or elektrik ya.. saya juga ngantor dari jam 9 sampe 5 sore. tapi kalo baca bahwa yg elektrik bersuara, jd g enak ntr klo mau mompa di kantor, secara kantor saya cuman ada toilet aja tempat privasinya. emank suaranya gmna sie/.. kenceng banget ya… Syukran sharingnya ya… insyaAllah artikelnya semakin menguatkan keyakinan saya untuk balik k asi saat bayi saya ditinggal kerja….

  5. Mas kalo boleh tau, saya minta link online shop tmpat anda membeli breastpump nya dong.. Trimakasih

    • waduh… linknya dah ilang bu, coba browsing2 aja di kaskus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: